Beranda Happal Kunjungan HAPPAL Ke Pangersa Akang, Semakin Memantapkan Keputusan

Kunjungan HAPPAL Ke Pangersa Akang, Semakin Memantapkan Keputusan

360
0

Albaq.or.id – Ditemani Sekretaris Himpunan Alumni Pondok Pesantren Al Baqiyatussholihat (HAPPAL) Ust. Adi Maryadi, Ketua HAPPAL Ust. Abdurrahman mengunjungi Pangersa Akang KH. Jamaluddin Nawawi Pimpinan Pondok Pesantren Al Baqiytaussholihat, Rabu (19/04/2023).

Kehadiran HAPPAL tidak lain meminta arahan dan petunjuk dari Pangersa Akang perihal Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Ujar Ust. Abdurrahman

Banyaknya pertanyaan dari para alumni terkait almanak cibogo yang menyatakan Idul Fitri 1444 H jatuh pada Hari Sabtu, dan adanya  informasi bahwa Pesantren sejatinya lebih kepada Hari Jum’at, Ujar Ust. Adi Maryadi menambahkan.

Menyikapi hal tersebut, Pangersa Akang menyampaikan bahwa hasil perhitungan ilmu falak dalam hal ini mengacu pada kitab Sullamunnairen belum memenuhi standar tinggi hilal mar’ie minimal 3 derajat dan elongasi hilal haqiqy minimal 6,4 derajat yang berlaku wilayatul hukmi Indonesia.

walapun demikian, hal ini tidak bersifat mengikat karena kembali kepada konsep asal yaitu صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته. Maka Pangersa Akang menyatakan tunggu hasil Rukyatul Hilal yaitu dalam sidang itsbat Kementrian Agama RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here