Beranda Berita Sya’ban Bulan Yang Terlupakan

Sya’ban Bulan Yang Terlupakan

416
0

Cibarusah– Ust. Adi Maryadi, S.Pd.I Sekjen HAPPAL (Himpunan Alumni Pondok Pesantren Al Baqiyatussholihat) dalam rutinannya setiap Hari Kamis menyempatkan mengisi jadwal pembelajaran di SMPIT KHR. Ma’mun Nawawi.

 

Ust, Adi Maryadi selain sebagai pengajar, beliau juga seorang pengusaha dengan Istana Aqiqah yang dikelolanya.

Disela-sela kesibukannya sebagai CEO Istana Aqiqah, Ust. Adi Maryadi menyapaikan nasihat kepada para santri mengenai Bulan Sya’ban.

Penamaan Bulan Sya’ban sebagaimana sebagaimana Sabda Nabi SAW

إِنَّمَا سُمِيَ شَعْبَانَ لِأَنَّهُ يَتَشَعَّبُ فِيْهِ خَيْرٌ كَثِيْرٌ لِلصَّائِمِ فِيْهِ حَتَّى يَدْخُلَ الْجَنَّةَ

Artinya, “Dinamakan bulan Sya’ban karena di dalamnya terdapat kebaikan yang sangat banyak kebaikan bagi orang yang berpuasa di dalamnya, hingga ia masuk surga.” (HR Anas bin Malik).

Akan tetapi, karena bulan Sya’ban berada diantara bulan yang agung yaitu pertama bulan Rajab yang merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan atau asyhurul hurum. kedua bulan Ramadhan yang merupakan sayyidussuhur atau rajanya bulan. Sehingga tidak sedikit dari kita lupa akan keistimewahan bulan Sya’ban tersebut. Hal ini diingat oleh Rasulullah SAW dalam Sabdanya:

ذَاكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ يُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya, “Ini adalah bulan yang kerap dilalaikan oleh manusia darinya. Ia adalah bulan di antara Rajab dan Ramadhan, yaitu bulan di mana amal-amal akan diangkat kepada Tuhan alam semesta, maka aku senang amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa.” (HR. An-Nasa’i)

Setidaknya kita pernah mendengar penjelas dari guru-guru kita bahwa Sya’ban adalah bulanku (Rasulullah saw.red) sebagai mana yang ditukilkan dalam kanzun najah wa surur.

Al Imam Jalaludin As-Syuyuti memaknai sya’ban sebagai bulannya Rasulullah SAW dengan penamaan bulannya sholawat atau bulan dianjurkannya untuk kita memperbanyak sholawat.

Selain itu, perintah untuk bersholawat kepada Rasulullah SAW dalam surah al ahzab ayat 55 asbabul nuzulnya adalah di bulan Sya’ban.

Alhasil, perbanyaklah sholawat dan raihlah keutamaan bulan sya’ban.

 

Ust. Adi Maryadi, S.Pd.I

Sekretaris Happal

CEO Istana Aqiqah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here