Beranda Pendidikan Tafakur Alam dan Amal

Tafakur Alam dan Amal

259
0

Beberapa hari lalu, tepatnya pada hari senin (21/11/22) kita dikejutkan dan dipanikkan oleh penomena alam yang cukup dahsyat, yakni berupa gempa bumi yang bersumber di dataran Cianjur yang berkekuatan 5,6 SR . Dan getarannya pun hampir terasa ke seluruh wilayah Jawa Barat.

Sungguh memilikukan, karena akibat dari gempa tersebut menyebabkan rumah-rumah dan jalan-jalan ambruk. Bahkan memakan korban yang tidak sedikit, hingga mencapai ratusan yang kehilangan nyawa serta luka-luka.

Bukan hanya itu, mereka yang selamat pun diharuskan mengungsi. Ditambah lagi dengan guncangan-guncangan susulan yang tentu menambah penderitaan penduduk setempat, sehingga mereka mengalami krisis keuangan, sandang, pangan dan air.

Dengan demikian, marilah kita ulurkan tangan untuk membantu saudara-saudara kita di sana dilengkapi dengan pemberian bantuan semampu kita, baik itu berupa makanan, pakaian, uang maupun lainnya.

Karena pada dasarnya ujian fisik dialami nyata oleh mereka, sedangkan ujian hati Allah SWT tujukan kepada kita, seberapa peduli kita terhadap makhluk-Nya yang memang saudara kita sendiri sesama muslim.

Selain itu, Allah pun hendak menunjukkan kuasa-Nya dan menepati janji-Nya dalam Q.S Al-A’raf ayat 96 yang artinya berbunyi :

“Telah Nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan perbuatan tangan-tangan manusia seupaya merasakan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”

Oleh karena itu, marilah kita menafakuri kejadian ini dan dijadikan sebagai sarana taubat kepada-Nya serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here