Beranda Berita Pembukaan dan Pengesahan Perlombaan HSN Di Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat

Pembukaan dan Pengesahan Perlombaan HSN Di Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat

712
0

Pondok pesantren Al-Albaqiyatussholihat memperingati Hari Santri Nasional (HSN) dengan menyuguhkan berbagai macam perlombaan baik yang berkategorikan pendidikan, kesenian, kebudayaan, maupun olah raga. Tentunya untuk mengasah mental sekaligus pengevaluasian kemampuan para santri.

Malam tadi, Rabu (26/10/22) tepatnya dimulai pada pukul 20:00, telah resmi dibuka dan disahkan langsung oleh pengasuh pondok pesantren Al-Albaqiyatussholihat, yakni KH. Jamaluddin Nawawi. Beliau pun menuturkan, “…Ajang perlombaan HSN ini bukan mencari siapa yang menang dan kalah, namun siapa yang berani tampil dan mengasah kemampuannya dengan kesungguhan. Jadi tetaplah semangat dan terus berkreasi!” 

Dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia HSN 2022, yakni Ust. Ifan Nasir, “…Sehebat apapun kita, jangan pernah menyepelekan sesuatu. Terlebih perlombaan HSN ini. Jadikan ini momentum pengembangan bakat, maka tingkatkan niatnya untuk terus mempersembahkan penampilan terbaik.”

Acara pembukaan tersebutpun semakin terasa mengesankan dengan adanya kehadiran Al-Habib Naofal As-segaf yang membacakan dan mengijazahkan Maulid Simtudduror kepada para santri Al-Baqiyatussholihat, serta dilengkapi dengan nasihat, “Agar menjadi santri yang berkualitas dan berkah ilmu dunia-akhirat, hendaknya kita harus menjalankan empat perkara berikut : 1. Selalu tilawah Al-Qur’an, 2. Sering puasa sunah, 3. Istiqomah berzikir kepada Allah dan sholawat kepada Rasulullah, 4. Dawam wudhu.” Beliau menyambungkan kembali, “Patut kita syukuri mondok di Pondok Al-Baqiyatussholihat ini, karena sanad keilmuan guru dan nasabnya bersambung sampai kepada Rasulullah SAW. Sedang, yang demikianlah sebaik-baik Mursyid yang dapat bertanggungjawab dunia-akhirat.”

Usai dari sambutan-sambutan, diakhiri dengan perlombaan pertama, yaitu kreasi orasi dari kelompok para peserta yang berjumlah delapan. Empat kelompok dari laki-laki : Mashdar, Munada, Istisna dan Mahfudhot. Empat berikutnya dari kelompok santri putri : Ma’rifat, Mubtada, Taukid dan Badal yang berlangsung sangat meriah, kreatif dan inovatif.

Salah Satu Tim Orasi Santri Putra

Musaboqoh Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Al Baqiyatussholihat tahun ini meliputi 18 kategori, diantaranya :

  1. Pidato
  2. Sholawat
  3. Syarhil Qur’an
  4. Puisi
  5. MTQ
  6. Aransemen
  7. MCC
  8. Duta Albaq
  9. Drama
  10. MQK Safinah
  11. MQK Sulam
  12. Futsal
  13. Badminton
  14. Tahfidz
  15. Nalar Jurumiyah
  16. Kaligrafi
  17. Nalar Tuhfatul Atfal
  18. Nalar Yaqulu & imriti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here