Beranda Berita Kitab At-Taisir, Kurikulum Ilmu Falak di Pesantren Al-Baqiyatusshalihat

Kitab At-Taisir, Kurikulum Ilmu Falak di Pesantren Al-Baqiyatusshalihat

576
0

Kitab At-Taisir fi Ma’rifati al-sinin wa al-Syuhur wa al-Auqoti wa al-Qiblati, merupakan salah satu karya penting dalam bidang ilmu falak. Kitab ini ditulis oleh Mama KHR Ma’mun Nawawi dalam bahasa Sunda dengan huruf Arab Pegon dan terbit pertama kali pada tahun 1955.

Pada tahun 1978, kitab ini dialihbahasakan ke dalam bahasa Melayu oleh Kyai Encep Sya’roni dan KH Zainal Muslim. Kemudian pada tahun 2005, terjadi pembaharuan tulisan oleh Syarif Nawawi S. Kub.

Kitab ini terdiri dari empat juz, di mana juz pertama membahas pengantar ilmu falak, kalender Hijriyah, hisab urfi, kalender Masehi, dan zodiak. Juz kedua membahas tentang waktu shalat, juz ketiga membahas arah kiblat, dan juz keempat membahas hisab qoth’i hilali dalam penentuan awal Ramadhan dan Syawal.

Kitab ini menjadi kurikulum resmi ilmu falak di Pesantren Al-Baqiyatusshalihat dan digunakan hingga saat ini. Ilmu falak sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang gerak benda-benda langit, seperti bulan, matahari, dan bintang-bintang, serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia, khususnya dalam menentukan waktu shalat, arah kiblat dan kalender Hijriyah serta fungsi-fungsi lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here