Beranda Berita Kegiatan dan Perlombaan 17 Agustus Di Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat

Kegiatan dan Perlombaan 17 Agustus Di Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat

277
0

Cibogo- Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat kembali mengadakan beragam perlombaan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan NKRI. Kamis (17/08/23)

Sebagaimana telah dilaksanakan secara continue setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia, bahwasannya pada bulan Agustus tepatnya tanggal 17 adalah hari besar negeri kita tercinta, yakni “Hari Kemerdekaan Indonesia”. Tentu seluruh lapisan masyarakat nusantara sangat antusias merayakannya. Mulai dari acara religi sebagai tanda syukur atas kemerdekaan, hingga acara perlombaan yang menghibur. Namun tetap tidak lepas dari koridor “perjuangan bangsa”.

Bukan haya masyarakat umum saja yang merayakan hari bersejarah itu. Tetapi berbagai lembaga pendidikan pun turut melaksanakannya baik pendidikan formal maupun non formal dengan masing-masing kreasi-inovasi perlombaan mereka. Pun dengan para santri di Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat, setiap tahunnya mempersembahkan beragam perlombaan Agustusan sebagai bukti “Cinta Tanah Air”.

Di tahun 2023 ini acara perlombaan berlangsung selama lima hari berturut-turut. Dengan jenis perlombaan yang cukup banyak. Ada yang sifatnya per orangan dan ada yang kelompok. Di antaranya lomba : Drama, Puisi Berantai, Fashion Show, Panjat Pinang, Balap Karung, Estafet Tepung, Balon Air, Estafet Sarung, Tebak Gambar, Kelomang Arab, Tahan Tawa, Menangkap Belut, Make-up Tutup Mata, Tarik Tambang, Makan Roma Tanpa Tangan, Futsal Bersarung, dan masih banyak lagi. Yang sangat seru dan penuh perjuangan.

“Kesan aku buat 17-an tahun ini seru! Seru banget malah!! Bnyak nyoba hal baru mulai jadi panitia, beli property lomba sama panitia lain, ngebunuh belut buat dimakan karena takut belutnya keburu mati dan jadi mubadzir. Pokoknya seru deh, banyak hal baru! Yang biasanya tinggal ikut lomba tapi sekarang harus jadi orang yang ada di balik layar. Hehehe…” ucap Davina, salah seorang panitia perlombaan di area santri putri Al-Jamaro

Selain ungkapan dari santri lama, ada pula dari santri baru. Salah satunya ang bernama Kaisa, ia berkata, “Pertama kali 17-an di Pondok itu rasana kayak beda. Soalnya jauh dari orang tua. Tapi seru juga 17-an di sini, malah lebih seru di sini menurutku dari pada di rumah. Di sini juga banyak perlombaan-perlombaan seru apa lagi tadi nonton panjat pinang. Pokoknya agustusan di pondok seru banget meski muka cemong sama tepung.

Selain itu, moment agustusan kali ini nampak lebih mengesankan karena SMPIT KHR Ma’mun Nawawi mendapat undangan untuk mengikuti perlombaan Jambore Ranting tingkat Kecamatan Cibarusah yang berlokasikan di lapangan Kota Serang Baru (KSB) dan pada acara tersebut mendapatkan prestasi berupa juara pertama lomba Paduan Suara Menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan lomba permainan tradisional sebagai harapan satu.

“Jadi kemaren aku kemping seru banget! Sama guru-guru dan teman aku yang lalu kita mengikuti lomba paduan suara dan nari lilin sama nari saman. Nah, terus aku di sana upacara pramuka sama upacara api unggun seru banget karena ada petasan, api gede dan tukang jajan.” Ujar Kamila, salah seorang santri yang mewakili Pramuka di KSB

“Tahun ini merupakan tahun istimewa bagi kami, karena selain melaksanakan beragam kegiatan di pondok, kami pun mendapat kehormatan mengikuti acara di luar, tepatnya acara pramuka. Yang tentunya menjadi pengalaman dan kesan tak terlupakan.” Sambung Irfan, ketua OSIS SMPIT KHR Ma’mun Nawawi periode 2022/2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here