Beranda Berita Idul Fitri 1444 H, Pesantren Al Baqiyatussholihat Menunggu Hasil Pengumuman Menteri Agama...

Idul Fitri 1444 H, Pesantren Al Baqiyatussholihat Menunggu Hasil Pengumuman Menteri Agama RI dalam Sidang Itsbat Syawal 1444 H

2248
0

albaq.or.id – Pondok Pesantren Al Baqiyatussholihat Menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H dalam almanak Islam (almanak cibogo.red) jatuh pada hari Sabtu Pon, 22 April 2023 M.

Dalam menetapkan penanggalan almanak Cibogo, Pesantren Al Baqiyatussholihat mengacu kepada kitab Sulamunnairen sebagai mana yang dituturkan oleh Ust. Syarif Hidayatullah An Nawawi yang diamanahi sebagai Dewan Pengajar Bidang Ilmu Falak dibawah arahan Kiyai Encep Sya’roni.

Almanak Islam (almanak cibogo.red) disusun oleh Kiyai Encep Sya’roni bin KHR. Ma’mun Nawawi

Penetapan ini bisa dipastikan kembali berdasarkan ijtima’ yang akan dilakukan pada Kamis Legi, 20 April 2023 M, melalui Rukyatul hilal.

Adapun hasil perhitungan kitab sullamunnairen menetapkan tinggi hilal diangka 2.55° sehingga hal ini belum memenuhi kriteria baru kemenag RI (New MABIMS), yaitu tinggi hilal mininal 3° dan elongasi 6,4°

Ust. Syarif pun menyampaikan tidak hanya mengacu pada kitab Sullamunairen, dalam Sistem Hisab ‘Almanak Nautika, melalui data Matahari dan Bulan yang merupakan hasil pantauan satelit ruang angkasa NASA (National Aeronautics and Space Administration) diprediksi bahwa awal bulan Syawal 1444 H di Indonesia jatuh pada hari Sabtu Pon, 22 April 2023 M.

Menyikapi hal ini, KH. Jamaluddin Nawawi pimpinan Pondok Pesantren Al Baqiyatussholihat menyatakan bahwa Idul Fitri 1444 H menunggu hasil pengumuman Menteri Agama RI dalam Sidang Itsbat Syawal 1444 H di Jakarta pada hari Kamis malam Jum’at, 20 April 2023 usai shalat maghrib berjama’ah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here