Beranda Berita Hari Batik Nasional, Islam Memandang Sebagai Salah Satu Media Dakwah

Hari Batik Nasional, Islam Memandang Sebagai Salah Satu Media Dakwah

106
0

Cibogo – Hari Batik Nasional diperingati pada setiap tanggal 2 Oktober. Dan tahun ini Hari Batik Nasional jatuh pada hari senin (2/10/2023).

Dikutip dari laman UNESCO, kerajinan batik terjalin dengan identitas budaya masyarakat Indonesia melalui makna simbolis dari warna dan desainnya. Batik dianggap sebagai hal yang mengekspresikan kreativitas dan ciri khas budaya warga Indonesia.

Dalam perspektif Islam, batik sendiri merupakan salah satu budaya pakaian, yang digunakan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Selain itu batik juga digunakan sebagai media dakwah Islam di Indonesia terutama di Pulau Jawa, setelah kerajaan Islam Jawa berdiri, yakni Demak. Agama dan budaya sangat erat kaitannya. Budaya batik pun mendukung syiar agama Islam dan tidak akan pernah bisa dipisahkan antara batik dan perkembangan Islam (pesantren dan masyarakat muslim).

Menurut Kiai Said Aqil Siroj saat di Gedung PBNU, Jakarta, Kamis 2 Oktober 2014, batik adalah ciri khas Indonesia yang unik dan mengandung filosofi daerah dimana ia dibuat. Seperti batik Yogya, Cirebon, Solo, Pekalongan, dan daerah memiliki filosofinya masing-masing.

Hari Batik Nasional sendiri ditetapkan pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hal tersebut melalui Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 yang ditandatangani pada tanggal 17 November 2009.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here