Menu

Mode Gelap
Inilah Jadwal Streaming Channel Youtobe Pesantren Al Baqiyatussholihat Puasa 2024 : Almanak Cibogo Tetapkan Selasa Awal Puasa Ngaji Pasaran Bulan Ramadhan di Ponpes Al Baqiyatussholihat Resmi Dibuka Sambut Ramadhan, Pesantren Al Baqiyatussholihat Adakan Pengajian Kilatan (Pasaran) Malam Nisyfu Sya’ban Di Pesantren Al Baqiyatussholihat Keistimewaan Malam Nisfu Sya’ban

Berita · 15 Mar 2023 22:17 · Waktu Baca

Kitab At-Taisir, Kurikulum Ilmu Falak di Pesantren Al-Baqiyatusshalihat


					Kitab At-Taisir, Kurikulum Ilmu Falak di Pesantren Al-Baqiyatusshalihat Perbesar

Kitab At-Taisir fi Ma’rifati al-sinin wa al-Syuhur wa al-Auqoti wa al-Qiblati, merupakan salah satu karya penting dalam bidang ilmu falak. Kitab ini ditulis oleh Mama KHR Ma’mun Nawawi dalam bahasa Sunda dengan huruf Arab Pegon dan terbit pertama kali pada tahun 1955.

Pada tahun 1978, kitab ini dialihbahasakan ke dalam bahasa Melayu oleh Kyai Encep Sya’roni dan KH Zainal Muslim. Kemudian pada tahun 2005, terjadi pembaharuan tulisan oleh Syarif Nawawi S. Kub.

Kitab ini terdiri dari empat juz, di mana juz pertama membahas pengantar ilmu falak, kalender Hijriyah, hisab urfi, kalender Masehi, dan zodiak. Juz kedua membahas tentang waktu shalat, juz ketiga membahas arah kiblat, dan juz keempat membahas hisab qoth’i hilali dalam penentuan awal Ramadhan dan Syawal.

Kitab ini menjadi kurikulum resmi ilmu falak di Pesantren Al-Baqiyatusshalihat dan digunakan hingga saat ini. Ilmu falak sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang gerak benda-benda langit, seperti bulan, matahari, dan bintang-bintang, serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia, khususnya dalam menentukan waktu shalat, arah kiblat dan kalender Hijriyah serta fungsi-fungsi lainnya.

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 49 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Penyambutan Rombongan Goes 90 KM GP. Ansor dan Kegiatan Di Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat

22 April 2024 - 14:28

Gowes 90 KM GP Ansor Menuju Pesantren Al Baqiyatussholihat

19 April 2024 - 14:46

Penutupan Kajian Ramadhan dan Perpulangan Santri Al-Baqiyatussholihat

1 April 2024 - 15:24

Inilah Jadwal Streaming Channel Youtobe Pesantren Al Baqiyatussholihat

8 Maret 2024 - 04:52

Puasa 2024 : Almanak Cibogo Tetapkan Selasa Awal Puasa

4 Maret 2024 - 18:20

Trending di Berita